Outdor Unit AC

AC

   Bagian dari AC yang lainnya adalah outdor unit.Outdor AC berfungsi sebagai System yang paling utama pada AC,di dalam outdor AC terdapat beberapa tahapan yang bekerja untuk merubah tekanan freon dari kompresor  sehingga akan menghasilkan dingin.
  Bagian2 dari Outdor AC:
1.Kompresor AC
2.Kondensor
3.Kapasitor
4.Filter
5.Overload
6.Fan

Fungsi:

1.Kompresor AC
      Kompresor Ac berfungsi untuk menghasilkan tekanan udara di dalam system tersebut,tekanan yang dihasilkan harus kuat,Kompresor ac mempunyai 2 katup/klep,yaitu in dan outpresure.
kedua system tersebut harus dalam kondisi yang seimbang,karena apabila system tekanan pada kompresor berkurang maka dingin yang dihasilkan tidak akan mencapai maksimal.Tekana pada Freon akan melemah dan mengakibat oli yang terdapat pada kompresor akan masuk ke dalam evapurator.Selain itu penyebab oli masuk dalam evapurator juga bisa terjadi karena pemasangan unit ac yang tidak normal/kesalahan pemasangan unit,contoh yang paling sederhana adalah pemasangan ac outdor lebih tinggi dari posisi indor unit,udara didalam system pipa tidak divakum dahulu/tidak dibuang.
     ukuran kompresor ac harus sesuai dengan kondensor,evapurator yang telah ditentukan .Bisa anda lihat ukuran Kompresor yang terdapat pada body kompresor tersebut.Berapa Btu tekanan yang dihasilkan oleh kompresor.
Kompresor AC terdiri dari dinamo/motor penggerak untuk menggerakkan fungsi dari klep yang ada dalam kompresor tersebut.System kerja pada kompresor AC tidak berbeda jauh dengan system dapur pacu pada mesin sepeda motor,untuk motor yang menggunakan system 2 langkah.
Silinder akan bergerak ketika dinamo berputar,dan kemudian di atur oleh katup,dan akhirnya menghasilkan inpresure dan outpresure.

2.Kondensor AC

     Kondensor berfungsi untuk merubah kalor menjadi dingin,tekanan freon yang dihasilkan dari kompresor akan ditampung di dalam kondensor dan kemudian akan di hembuskan menuju evapurator.Apabila system bekerja secara baik dan normal maka kondensor AC akan terasa panas.

3.Kapasitor AC

     Disini terdapat 2 kapasitor pada outdor unit.Kapasitor berfungsi sebagai running dan starting pada kompresor AC,kapasitor yang kedua sebagai starting dan running pada Fan outdor unit AC.
Untuk ukuran dari kapasitor tersebut harus sesuai untuk ukuran besar kecilnya tekanan standar yang di butuhkan oleh kompresor AC tersebut.

4.Filter AC

   Filter Ac berfungsi untuk menyaring tekanan freon yang telah di hasilkan oleh kompresor.Dan untuk mencegah adanya kotoran yang ikut masuk ke dalam system tersebut,karena apabila terjadi kebuntuan pada pipa kapiler maka ac akan berakibat fatal,kompresor mengalami overload,katup kompresor akan rusak,bahkan akan menyebabkan lilitan kompresor AC akan terbakar,yang akhirnya anda harus merogoh kocek lebih banyak untuk mengganti kompresor tersebut.
Nah pastinya anda akan keberatan dengan hal itu!

5.Overload Kompresor AC

     Overload pada kompresor AC berfungsi untuk mematikan system kerja kompresor apabila terdapat kerja system yang tidak normal sehingga menimbulkan panas yang sangat menyengat pada kompresor AC.Overload  merupakan proteksi untuk kompresor AC dan apabila anda mengetahui kondisi AC tersebut maka anda harus sesegera mungkin untuk mematikan AC dan panggil saja tehnisi untuk mengecek kondisi AC tersebut. Jangan dibiarkan kondisi AC tersebut berlangsung terlalu lama.

6.Fan AC

       Fan pada unit outdor AC berfungsi untuk membuang panas yang dihasilkan oleh kondensor AC,dan untuk mencegah panas yang berlebihan pada kondensor.Apabila Fan pada outdor meninggal maka Ampere Kompresor AC akan naik dan akhirnya terjadi protek dan putus untuk system kelistrikan kompresor AC.

     Demikian untuk beberapa sperpart pendukung dan sedikit ulasan mengenai fungsi dari masing2 sperpart pada unit outdor AC.Dan kemudian khusus untuk AC split inverter tidak jauh berbeda dengan AC split biasa,hanya saja pada AC inverter kompresor digerakkan oleh modul dan putaran pada kompresor di atur oleh modul elektrik tersebut.Kompresor AC inverter berbeda dengan kompresor AC biasa.Akan tetapi pada dasarnya system dan cara kerjany hampir sama.
      Dan perlu anda ketahui belum tentu juga AC yang menggunakan system inverter akan lebih hemat energi,karena system inverter hanya meminimalis awal hentakan dari energi listrik pada saat kompresor bekerja,untuk mencapai dingin yang maksimal untuk semua jenis mesin pendingin akan tetap membutuhkan energi listrik yang besar yang dibutuhkan pada system kerja dan ukuran tekanan tersebut sesuai dengan titik suhu yang diharapkan secara maksimal, dan untuk mencapai hasil yang maksimal maka akan selalu membutuhkan energi yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan pula.. .....

0 komentar