Service AC Jogja-Cara Untuk Membersihkan Oli Yang Mengendap Di Kondensor AC

AC akan berubah menjadi kurang dingin dan tidak bisa mencapai titik suhu dingin yang di inginkan,apakah penyebab AC menjadi kurang dingin?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan AC menjadi kurang dingin yaitu di antaranya adalah:

-AC kotor

AC membutuhkan sirkulasi udara yang lancar dan bersih,apabila pada saringan yang terletak di evapurator tampak kotor maka udara yang masuk menjadi berkurang dan sudah tentu udara yang tersedot hanyalah udara yang bercampur dengan debu dan kotoran.langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah membersihkan saringan udara tersebut dengan air yang bertekanan tinggi,agar kotoran dapat tersapu secara bersih.Lihat pada bagian evapurator dan  talang air yang terletak di bawah evapurator,bersihkan semua kotoran dengan air dan usahakan air mengalir lancar hingga ke selang pembuangan yang berada di luar ruangan.

-Tekan Freon berkurang

Tekanan freon berkurang bisa terjadi apabila terdapat kebocoran pada pipa-pipa instalasi AC,untuk kebocoran freon bisa kita tanggulangi dengan mengulangi atau set ulang untuk penyambungan pipa tersebut.Apabila freon masih tetap berkurang maka unit harus di cek lebih teliti,dan jika di perlukan unit outdor dan indor harus di turunkan untuk dilakukan pengetesan dengan air sabun atau bisa kita cek dengan alat untuk deteksi kebocoran freon.

-Kompresor AC pada outdor sering terjadi overload

Cek tekanan dan Ampere kompresor,dengan ampere meter

-Pipa AC sudah di penuhi oleh oli kompresor

Oli pada kompresor merupakan pelumas motor yang sangat vital dan apabila oli sudah memenuhi semua intstalasi pada pipa AC maka bisa terjadi overload pada kompresor,kompresor menjadi cepat panas.Oli akan menyumbat pipa kapiler sehingga dingin yang di hasilkan akan sangat terasa berkurang.Bersihkan oli tersebut dan ganti oli kompresor dengan oli yang baru.

Cara untuk membersihkan oli yang sudah mengendap pada pipa AC adalah

-Copot semua sambungan pipa dan pisahkan kompresor AC

Persiapkan bahan-bahan yang di perlukan:
-Freon R22
-Freon R11
-Meter isi
-3 selang untuk freon
-Cutter pipa
-Las dan perak las
-Nepel dob untuk pengisian freon,bisa menggunakan nepel dob untuk mengisi freon pada kulkas




Masukkan dahulu freon R11 kedalam pipa yang akan di bersihkan dengan meter isi,jangan lupa pasang semua selang freon,gunakan meter isi yang mempunyai 3 cabang sebagai pengisian freon.
Ketiga selang tersebut kita bagi untuk tabung freon R11 dan R22,kanan atau di sebelah kiri menurut selera anda masing-masing,kemudian untuk pada bagian tengah meter isi kita hubungkan dengan nepel dob pengisian yang tersambung ke dalam pipa yang akan kita bersihkan.

Sedikit demi sedikit freon R11 telah masuk kedalam pipa,untuk selanjutnya kita diamkan selama beberapa menit,agar freon tersebut benar-benar masuk semua ke dalam pipa.
Setelah di rasa yakin freon R11 telah masuk maka kita persiapkan R22.
Freon R22 berfungsi untuk mendorong freon R11 yang telah masuk,agar tekanan yang di hasilkan mampu mengeluarkan kotoron oli tersebut.Dan selanjutnya anda bisa melihat kotoran oli dan campuran freon R11 yang keluar dari pipa,kuras sampai bersih kotoran tersebut hingga freon R11 yang keluar lewat pipa terlihat jernih.Untuk proses tersebut sebaiknya anda berada agak jauh dengan pipa tersebut karena freon yang keluar dari pipa sangat berbahaya dan gunakan freon sehemat mungkin.Proses ini di lakukan untuk membersihkan unit indor dan outdor,pada evapurator dan kondensor AC.

Setelah semua terasa cukup bersih maka pasang kembali semua instal;asi pipa pada tempatnya semula.Hidupkan AC dan isi freon dengan freon R22,jangan lupa ampere meter harus selalu terpasang untuk mendeteksi perubahan ukuran  ampere pada kompresor.Ukuran freon jangan terlalu tinggi,bisa kita isi dengan ukuran kurang dari 80 psi,karena agar semua sirkulasi berjalan dengan lancar dahulu.

 Baca Selengkapnya......

0 komentar