Service Mesin Cuci-Service AC Jogja


Service Ac jogja
Citra2tehnik
Mesin cuci merupakan suatu mesin yang diciptakan untuk mempersingkat waktu dan mempercepat dalam proses membersihkan pakaian dan saat sekarang ini mesin cuci sudah merupakan salah satu kebutuhan pokok.

Dalam perkembangan teknologi yang cukup pesat dan canggih telah banyak di ciptakan mesin-mesin yang tujuan utamanya adalah membantu pekerjaan dengan cepat dan tanpa menggunakan tenaga manusia yang akan menghambat waktu,dan salah satunya adalah mesin cuci.

Mesin cuci di ciptakaan menjadi 2 model dan jenis:
1.Mesin cuci dengan 2 tabung.
2.Mesin cuci 1 tabung

-Mesin cuci dengan 2 tabung merupakan mesin cuci yang menggunakan system semi otomatis,dan masih tergolong menggunakan cara yang manual untuk pengoprasiannya.

Berikut ini bagian-bagian dari sper part yang di gunakan mesin cuci 2 tabung :
-Dinamo motor penggerak tabung yang menggunakan arus listrik bolak balik/AC
Di dalam mesin cuci 2 tabung terdapat 2 dinamo motor,yaitu motor penggerak untuk tabung wash/cuci dan dinamo penggerak untuk tabung pengering.
-Kapasitor running dan starting dinamo
-Timer
Timer berfungsi untuk mengatur batas waktu yang di inginkan dalam proses pencucian.Di dalam timer tersebut hanya berfungsi sebagai swith atau saklar untuk menghubungkan dan memutus arus listrik secara konstan dan berulang-ulang yang akan menuju pada dinamo penggerak,terdapat 2 timer yang utama sebagai penggerak dinamo wash/cuci dan penggerak dinamo pengering.
-Swith dor spin
Apabila mengalami masalah pada fungsi dinamo penggerak untuk pengering anda bisa cek untuk bagian pintu untuk tabung pengering,pada bagian belakang bisa anda perhatikan terdapat 2 kabel yang terhubung dengan saklar engsel pada pintu pengering.Pastikan bahwa swith tersebut berfungsi dengan baik.
-Klep drain pump
Terbuat dari karet dan elastis,berfungsi sebagai seal atau klep untuk menutup air agar tidak mengalir keluar tabung.Terletak di bagian belakang dan bawah pada mesin cuci,kerusakan yang sering terjadi pada klep tersebut biasanya terjadi kebocoran air yang akan membuat isi tabung berkurang kapasitas airnya.

Mesin Cuci 1 Tabung

Mesin cuci 1 tabung merupakan mesin yang menggunakan 1 tabung sebagai fungsi untuk wash sekaligus spin yang di proses secara berurutan dari pengaturan elektrik modul yang sudah kita tentukan.
Untuk semua bagian dari mesin cuci 1 tabung hampir sama dengan mesin cuci 2 tabung,dan hanya terdapat beberapa perbedaan system yang di gunakan oleh sper part tersebut.

Bagian-bagian dari mesin cuci 1 tabung Top Loading:

1.Dinamo motor yang hanya menggunakan 1 motor saja.

2.Modul elektrik sebagai microcontroler atau sebuah rangkaian modul elektrik sebagai pengganti timer pada mesin cuci 2 tabung.

3.Water level

Berfungsi sebagai sensor untuk ketinggian dan kapasitas air yang di butuhkan.
Terletak pada bagian belakang atas dan berbentuk bulat seperti bentuk piring terbang.Ada selang kecil yang menghubungkan pada tabung pencuci.
Permasalahan yang sering terjadi pada water level biasanya mesin mengalami erorr,air yang keluar dari kran tidak akan berhenti secara otomatis dan akan mengalir terus memenuhi tabung yang akan terjadi gagalnya proses pencucian tersebut.

4.Drain pump

Terletak tepat di bagian bawah tabung,berfungsi untuk proses pengeringan air pada tabung.

5.Swith dor

6.Kapasitor running/starting

7.Otomatis kran air

Demikian tentang bagian2 dari mesin cuci secara umum dan semoga bisa bermanfaat.


Baca Selengkapnya.....



0 komentar